
Pulau Kumala, Tenggarong, Kutai Kartanegara. (Ist)
Nagaraya.id, Tenggarong – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) tidak tinggal diam dalam meningkatkan pelayanan kepada pengunjung objek wisata di wilayahnya.
Perbaikan tersebut, dilakukan dibeberapa fasilitas, yang diantaranya Waduk Panji dan Pulau Kumala Tenggarong akan segera diperbaiki, seperti toilet dan jalan.
“Kita akan lakukan perbaikan fasilitas objek wisata pada bulan ini,” kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, M Ridha Fatrianta, Kamis (12/10/2023).
Ia mengatakan, perbaikan fasilitas tersebut merupakan salah satu upaya untuk memenuhi standar kenyamanan pengunjung. Selain itu, Dispar Kukar juga terus mengedukasi pengelola objek wisata dengan memberikan pelatihan pengelolaan sampah.
“Pengelolaan sampah itu tanggung jawab semua pihak,” ucapnya.
Pelatihan pengelolaan sampah telah diselenggarakan di beberapa kecamatan, seperti Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Kenohan, Kembang Janggut, dan Muara Wis. Dalam pelatihan tersebut, Dispar Kukar bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai narasumber.
“Para peserta pelatihan diajarkan cara memilah dan mengolah sampah plastik yang dihasilkan oleh kegiatan wisata,” tuturnya.
(Adv/ Diskominfo Kukar)